Senin, 19 April 2010

Periodesasi sejarah pendidikan islam

MAKALAH

PERIODESASI SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM

 Untuk memenuhi mata kuliah 
"Sejarah Pendidikan Islam"
Yang dibimbing Bapak NASHAR, MM.M.Si


Yang disusun Oleh :

ABDUL RAHMAN
NIM. 180 811 016

ABDUL LATIF
NIM. 180 811 012

ABDUL QODIR
NIM. 180 811 015




SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM ( STAIN ) PAMEKASAN
JURUSAN TARBIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
APRIL 2010 

 
HALAMAN PENGESAHAN 
   
Makalah berjudul "Periodesasi Sejarah Pendidikan Islam" yang disusun oleh Abdul Rohman, Abdul Latif, abdul Qodir.


Dosen Pembimbing
NASHAR, MM.M.Si
 
KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat, Taufik dan Inayah kepada kami sehingga kami dapat beraktivitas dengan baik serta bisa melaksanakan dan menyelesaikan tugas makalah yang telah menjadi kewajiban kami.
Salawat dan salam selalu tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw beserta keluarga, sahabat dan kerabat beliau hingga akhir zaman. Yang mana berkat rahmatnya yang telah membawa umat manusia dari alam kegelapan kea lam yang penuh dengan cahaya keilmuan sehingga kami sebagai manusia dapat menikmati manisnya hidup yang penuh dengan ilmu-ilmu yang dapat mengantarkan kami menjadi insane yang lebih baik.

Pamekasan, 2 April 2010
Penulis
Kelompok 1


DAFTAR ISI



Halaman Sampul ……………………………………………………………… i
Halaman Pengesahan …………………………………………………………. ii
Kata Pengantar ………………………………………………………………… iii
Daftar Isi ……………………………………………………………………..... iv

BAB I PENDAHULUAN ……………………………………………………. 1
A. Latar Belakang ……………………………………………………….. 1
B. Rumusan Masalah ……………………………………………………. 1
C. Tujuan Masalah ………………………………………………………. 2
D. Manfaat ………………………………………………………………. 2

BAB II PEMBAHASAN …………………………………………………….. 3
A. Pengertian Periodesasi Sejarah Pendidikan Islam ….………………… 3
B. Periodesasi Sejarah Pendidikan Islam……………………………….... 3
C. Kegunaan Periodesasi Sejarah Pendidikan Islam …………………….. 6

BAB III PENUTUP …………………………………………………………… 7
A. Kesimpulan …………………………………………………………… 7
B. Saran ………………………………………………………………….. 7

DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………………. 9
 
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Telah kita ketahui bahwa usaha pendidikan Islam sama tujuannya dengan islam itu sendiri, dan pendidikan Islam tidask terlepas dari sejarah Islasm pada umumnya. Karena itulah, periodesasi sejaran pendidikan Islam berada dalam periode-periode sejarah Islam itu sendiri.
Periodesai sejarah Islam Indonesia secara beragam dan mandiri, berusaha keluar dari periodesasi kolonialitas dan berdasar politik belaka, atau juga mengikuti periodesasi kekhalifahan hingga Turki Utsmani misalnya. Namun ia harus mencoba mencari alternative lain, misalnya berdasar dinamika sejarah pemikiran umat Islam Indonesia, produk kesenian tidak lagi ditemukan ketidaksejajaran seperti yang selama ini ada (meloncat dari periodic menuju tematik): "Sejarah Islam Indonesia Abad sekian hingga sekian" dengan keragamaan realitasnya (local dan jaringan global), dengan realitas tunggalnya, kolonialisme. Historografi Islam Indonesia selanjutnya menjadi Historigrafi Islam (Indonesia di bawah kekuasaan Kolonial), atau HIstoriografi Islasm yang "disubjugasikan" di bawah (historiografi) Indonesia kolonial atau historiografi kekhalifahan Arab. Agar dapat keluar dari pensubjugasian sekaligus mencari sejarah yang mandiri, melihat dinamika internalnya adalah salah satu alternative yang bisa dilakukan". 

B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian periodesasi sejarah pendidikan Islam ?
2. Apa kegunaan sejarah pendidikan Islam ?
3. Ada beberapa periodesasi yang terjadi di Indonesia tentang sejarah pendidikan islam di Indonesia
C. Tujuan Masalah
1. Untuk mengetahui difinisi tentang periodesasi sejarah pendidikan islam.
2. Untuk mengetahui kegunaan periodesasi sejarah pendidikan islam.
3. Untuk mengetahui bagian-bagian periodesasi sejarah pendidikan islam.

D. Manfaat Periodesasi Sejarah Pendidikan Islam
1. Untuk mempermudah para ahli menyusun suatu periodesasi sejarah atau pembabakan masa sejarah.
2. Untuk mengetahui garis besar pembagian periodesasi sejarah pendidikan islam.
3. Untuk Memudahkan klasifikasi dalam ilmu sejarah pendidikan islam.
 
BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Periodesasi Sejarah Pendidikan Islam
Periodesasi dalam sejarah adalah tingkat perkembangan masa dalam sejarah atau pembebakan masa dalam sejarah yang dapat di bagi atas beberapa babak, zaman, masa,atau periode. Pembabakan dilakukan karena tentang waktu atau masa sejask manusia ada hingga sekarang merupakan rentang yang sangat panjang sehingga para ahlik atau sejarawan mengalami kesulitan untuk memahami maupun membahas masalah-masalah yang muncul dalam kehidupan manusia, dan untuk mempermudahnya para ahli menyusun suatu periodesasi sejarah atau pembabakan masa sejarah dengan menyajikan peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam setiap periode itu secara urut dan sistematis dari awal sampai akhir.

B. Periodesasi Sejarah Penididikan Islam
Prof. Dr. Harudn Nasution, secara garis besar membagi sejarah Islam ke dalam tiga periode, yaitu periode klasik, pertengahan, dan modern. Selanjutnya, pembahasan tentang lintasan atau periode sejarah pendidikan Islam mengikuti penahapan perkembangan sebagai berikut:
1. Periode pembinaan pendidikan Islam, berlangsung pada masa nabi Muhammad SAW. Selama lebih kurang dari 23 tahun, yaitu sejak beliau menerima wahyu pertama sebagai tanda kerasulannya sampai wafat.
 Pendidikan Islam pada masa Rasullah dapat dibeddakan menjadi 2 periode:
1. Periode Makkah
a. Materi yang diajarkan hanya berkisar pada ayat-ayat Makiyyah sejumlah 93 surat dan petunjuk-petunjuknya yang dikenal dengan sebutan sunnah hdan hadits.
b. Materi yang diajarkan menerangkan tentang kajian keagamaan yang menitikberatkan pada keimanan, ibadah dan akhlak.
2. Periode Madinah
Pada periode madinah yang dilakukan oleh rasulullah diantaranya :
 Upaya pendidikan yang dilakukan Nasbi pertama-tama membangun lembaga masjid, melalui masjid ini Nabi mem berikan pendidikan islam.u
 Materi pendidikan Islam yang diajarkan berkisar pada bidang keimanan, akhlak, ibadah, kesehatan jasmani dan pengetahuan kemasyarakatan
 Metode yang dikembangkan oleh Nabi adalah:
a. Dalam bidang keimanan: melalui Tanya jawab dengan penghayatan yang mendalam dan di dukung oleh bukti-bukti yang rational dan ilmiah.
b. Materi ibada: disampaikan dengan metode demonstrasi dan peneladanan sehingga mudah diduki masyarakat.
c. Bidang akhlak: Nabi menitikberatkan pad metode peneladanan. Nabi tampil dalam ucapan maupun perbuatan. 
2. Periode pertumbuhasn pendidikan, berlangsung sejja wafatnya Nabi Muhammad SAW. Sampai dengan akhir kekuasaan Bani Umaiyah, selama pemerintahan Muawaiyah, daerah kekuasaan Islam meluas sampasi ke Lahore si Pakistan. Masa kejaan ini ditandai dengan berkembangnya kebudayaan islam secara mandiri, dengan berkembang luasnya lembaga pendidikan Islam seperti Madrasah, Universitas Islam. Yang diwarnai oleh penyebaran Islam ke dalam lingkungan budaya bangsa di luar bangsa Arab dan perkembangannya ilmu-ilmu naqli,
3. Periode kejayaan pendidikan Islam, berlangsung sejak Daulah bani Abbasiyah sampai dengan jatuhnya kota Bagdad yang diwarnai oleh perkembangan secara pesat ilmu pengetahuan dan kebudayaan Islam serta mencapai puncak kejayaannya.
4. Tahap kemunduran pendidikan berlangsung sejak jatuhnya kota Bagdad sampai dengan jatuhnay Mesir oleh Napoleon sekitar abad ke-18 M. yang dintandai oleh lemahnya kebudayaan Islam berpindahnya pusat-pusat pengembangan kebudayaan dan peradaban manusia ke dunia barast.
Pendidikan Islam terus menurun setelah Abad 13 M dan terus melemah sampai abad 18 M dan beberapa sebab kemunduran Islam diantara lain :
a) Telah berkelebihan filsafat Islam ( yang bercorak sufistis ) dimasukkan oleh Al Ghazali dalam alam Islam dan berkelebihan pula Ibn Rasyd dalam memasukkan filsafat Islamnya. 
b) Para Khalifah, Sultan, Amir, dan umat Islam melalaikan Ilmu Pengetahuan dan kebudayaan Islam.
c) Banyak terjadi pembrontakan dan serangan dari luar sehingga menyebabkan kehancuran. Dan mengakibatkan berhentinya kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan.
5. Tahap pembaharuan pendidikan Islam, berlansungnya sejak penduduknya Mesir oleh Napoleon pada akhir abad ke18 M. sampai sekarang, yang di tandai oleh masuknya unsur-unsur budaya dan pendidikan modern dari dunia Barat ke dunia Islam. Sebelumnya Barat dianggap lemah dan kafir dihadapan Islam. Namun akhirnya Umat Islam sangat menghargasi dan menjalin kerjasama untuk mengejar ketinggalan Islam dengan kemajuan barat, dengan ara ini akhirnya pendidikan Islam bangkit kembali dengan berdirinya Madrash bahkan akhirnya sampai ke Indonesia.
Maka dari itu, kegiatan pendidikan Islam di Indonesia lahir dan tumbuh serta berkembang berdsamaan dengan msuk dan berkembangnya islam di Indoneisa. Sesungguhnya kegiatan pendidikan Islam tersebut merupaka pengalaman dan pengetahuan yang penting bagi kelangsungan perkembangan Islam dasn umar islam, baik secara kuantitas maupun kualita.
Pendidikan Islam itu bahkan menjadi tolak ukur, bagaimana Islam dan umatnya telah memainkan peranananya dalam aspek sosial, politik, budaya. Oleh karena itu, untuk melacak sejarah pendidikan Islam di Indonesia dengan periodesasinya, baik dalam pemikiran, isi, maupun pertumbuhan organisasi dan kelembagaannya tidak mungkin dilapaskan dari fase-fase yang dilaluinya. 
1. Periode masuknya Islam ke Indonesia
2. Periode pengembangan dengan melalui proses adaptasi
3. Periode kekuasaan kerajaan-kerajaan Islam (Proses Politik)
4. Periode penjajahan Belanjda (1619 - 1942)
5. Periode penjajahan Jepang (1942 - 1945)
6. Periode kemerdekaan I Orde lama (1945 – 1965)
7. Periode kemerdekaan II Orde Baru/Pembangun (1966-sekarang)

C. Kegunaan Periodesasi Sejarah Pendidikan Islam
Para sejarawan periodesasi atau pembabakan dengan tujuan diantaranya: (1) Memdudahkan pengertian bagi sejarawan, peminat, pembaca, dan pemerhati sejarah pada umumnya. (2) Memudahkan klasifikasi dalam ilmu sejarah. (3) Menyederhanakan banyaknya peristiwa sejarah yang beraneka ragam sehingga mudah di pahami. (4) memenuhi pesyaratan sistematika ilmu pengetahuan.
Periodesasi yang meskipun hanya sebagai produk pemikiran sejarawan, tidaklah diputuskan secara semena-mena. Periodesasi adalah hasil pemikiran komparatif antara satu periode dengan periode lainnya setelah sejarawan melihat cirri khas suatu kurun sejarah.
Dalam buku "Merekonstruksikan Sejarah Indonesia" yang ditulis oleh Jean Gelman Taylor, menurut dia, kebanyakan periodesasi sejarah Indonesia oleh akademisi berlatar belakang Barat dipilih secara gampang dalam tiga bagian (Masa prakolonial, colonial, dan masa sesudah kemerdekaan). Periode Hindu Buddha yang panjang hanya dimasukkan dalam "masa prakolonial". Karya monumental MC Ricklefs, A History of Modern Indonesia since ca1300 (2001). Dikritiknya telah dengan terburu-buru menempatkan Indonesia pada posisi negeri Muslim terbesar di dunia pada abad ke-14. adapun sejarawan India. Dar Desai. Dikritiknya karena alpa menvertanyakan diskusi monarki kesultanan Islam di Indonesia. Yang hakikatnya adalah format awal system pemerintahan pemersatu masyarakat Islam di Indonesia.
 
BAB III
PENUTUP


A. Kesimpulan
Periodesasi dalam sejarah adalah tingkat perkembangan masa dalam sejarah atau pembabakan masa dalam sejarah yang dapat di bagi atas beberapa babak, zaman, masa, atau periode.
Periode sejarah pendidikan Islam mengikuti penahapan perkembangan sebagai berikut:
1. Periode pembinaan pendidikan Islam.
2. Periode pertumbuhasn pendidikan.
3. Periode kejayaan pendidikan Islam.
4. Tahap kemunduran pendidikan berlangsung sejak jatuhnya kota Bagdad sampai dengan jatuhnya Mesir oleh Napoleon sekitar abad ke-18 M. 
5. Tahap pembaharuan pendidikan Islam.
Fase-fase tersebut secara periodesasi dapat dibagi menjadi:
1. Periode masuknya Islam Ke Indonesia
2. Periode pengembangan dengan melalui proses adaptasi
3. Periode kekuasaan kerjaan-kerajaan Islam (proses politik)
4. Periode penjajahan Belanda (1619-1942)
5. Periode penjajahan Jepang (1942-1945)
6. Periode kemerdekaan I Orde lama (1945 - 1965)
7. Periode kemerdekaan II Orde Baru/Pembangunan (1966-sekarang)

B. Saran
Kami menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini terdapat ketidak sempurnaan baik dalam penulisan maupun pembahasan, maka dari itu kami selaku kelompok satu mengharapkan kritik dan saran yang membangun kepada kami, sehingga dalam pembuatan makalah berikutnya menjadi sempurna. Dan kami berharap mudah-mudahan makalah ini bermanfaat bagi kita terutama bagi pembaca makalah ini amin.
Dan terima kasih kepada dosen pembimbing yang telah membimbing kami sehingga makalah ini bisa sempurna dengan bimbingannya.
 
DAFTAR PUSTAKA

 Arief, Armai, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Klasik. Bandung: Penerbit Angkasa, 2005.
 Langgulung, Hasan, Asas-asas Pendidikan Islam, Jakarta:Pustaka Husna, 1988.
 Nata, Abuddin, Pendidikan Islam Perspektif Hadits. Ciputat: UIN Jakarta Press, 2005
 Nizar, Samsul, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2008
 Yunus, Mahmud, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta:PT. Hidakarya Agung, 1992.
 Zuhairini, dkk, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara,cet.9,2008



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar